Selembar Dokumen

14 Maret 2020. Ada apa dengan 14 Maret 2020? 14 Maret merupakan hari yang istimewa dalam sejarah Indonesia. Hari yang sangat mempengaruhi setiap aspek kehidupan, mengubah dinamika dan rencana.

Tidak ada yang menduga, Pada  saat itu kami guru dan para siswa sedang bersiap untuk melaksanakan USBN, Semua persiapan telah dilakukan secara maksimal bahkan bisa dikatakan telah 100%. Rencana yang dibuat telah sangat matang.

Namun, secara tiba-tiba H-1 sebelum pelaksanaan USBN, pemerintah mengumumkan libur secara besar-besarab untuk semua instansi termasuk dunia pendidikan. Ada apa? Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya, Semua ini karena adanya wabah penyakit yang mendunia yakni COVID 19, virus kecil tak kasat mata yang mampu memporak-porandakan pola hidup, sehingga semuanya berubah total.

Semua harus berubah, mau tidak mau, suka tidak suka. Semua harus WFH (work from home). Kerja dari rumah menjadi keharusan bagi setiap orang. Sebagai tenaga pendidik ini merupakan tantangan yang tidak terelakan, kita semua harus melakukan perubahan secepat kilat menyesuaikan dalam berbagai hal, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran semuanya harus menggunakan IT, sehingga semua harus melek IT. Tenaga pendidik yakni guru dituntut untuk memperparui pola pembelajaran.

Bagi guru muda ini bukan masalah, tapi bagi sebagian guru yang sudah senior atau bahkan yang mendekati masa pensiun, IT merupakan momok yang menakutkan. Tetapi the show must go on akhirnya semua tenaga pendidik berkolaborasi saling membantu, saling support dan saling memberikan pemahaman dalam pelaksanaan pembelajaran dengan bekerja sama dalam penggunaan IT dari yang paling sederhana dengan menggunakan WA, Zoom, Google classroom dll.

Kebiasaan yang dipaksakan dibangun dengan cepat agar semua dapat berjalan. Awalnya memang terasa berat namun seiring berjalannya nya waktu akhirnya semua tenaga pendidik  menjadi terbiasa dan menikmati menggunakan berbagai aplikasi teknologi bahkan pelaksanaan PAT pun dilaksanakan secara daring dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Mental dan spiritual siswa dan guru di uji dengan sangat hebat. Menyiapkan rencana baru, mengikhlaskan leburnya rencana yang telah di susun dan menyiapkan keteguhan hati menerima apa yang terjadi. Kepada Sang pencipta kami berikhtiar.

Ini merupakan selembar dokumen dari sekian dokumen yang akan mengisi tahun 2020. Perubahan memang tidak mudah, namun kita harus siap menerima perubahan dan menyesuaikan dengan perubahan, karena yang abadi adalah perubahan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa