HARI PAHLAWAN


     Hari ini Selasa 10 november 2020 adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia, kenapa istimewa karena Hri ini merupakan Hari Pahlawan bagi bangsa Indonesia. Hal ini merujuk pada pertempuran Surabaya 10 nov 1945. dimana pada saat itu kekuatan perlawanan rakyat Surabaya menunjukan kegigihan melawan sekutu selama 3 minggu  dan sekitar 6000 rakyat Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut.

    Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno sebagai Hari Pahlawan melauui Keppres nomor 316 tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959. Hari Pahlawan merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia. Tokoh perjuangan yang menggerakan rakyat Surabaya antara lain Sutomo, Wahab Hasbullah dan K.H. Hasyim Asyari.

    Seperti hari istimewa lainnya maka di era covid 19 ini tidak ada upacara perayaan tetapi hanya nonton upacara perayaan hati Pahlawan di televisi, sebagai ASN aku diwajibkan untuk memakai pakaian KORPRI dan memantau acara tersebut tetapi karena aku sebagai Wakasek Kesiswaan makaa aku harus hadir di sekolah dan mendampingi siswa untuk mengibarkan bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

    Di hari Pahlawan ini aku mengambil hikmah bahwa kita harus menghargai hasil karya para pahlawan telah mengorbankan jiwa, harta dan tenaga untuk negara tercinta Republik Indonesia. Bung Karno pernah berkata " Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang menghargai Pahlawannya" oleh karena itu kita harus menjadi pahlawan untuk diri kita dulu kemudian menjadi pahlawan bagi keluarga kita dan khirnya kita harus menjadi pahlawan bagi bangsa Indonesia dengan cara bejkerja keras dan berusaha untuk menjadi yang terbaik di masyarakat.

    Selamat Hari Pahlawan ke-72, smoga kita bisa menjadi generasi yang memberikan banyak hal positif bagi negara kita tercinta untuk menjadi bangsa yang adil dan makmur.


#DAY7NovAISEIWritingChallenge


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa