interaksi

 Bagaimana cara mengajar yang baik dan efektif ?

Untuk bisa mengajar yang baik dan efektif kita perlu membuat skenario yang baik, sebagai guru kita harus bisa menjadi sutradara yang baik. jangan hanya memberi tugas saja tetapi kita harus berinteraksi. jadi sebelum belajar kita harus aktif dan memahami gaya belajar siswa.

Sekarang ini kita harus tahu siswa kita dengan baik yang pertama kita harus mengenal mereka dengan baik, berinteraksi dengan baik yaitu kita harus berinetraksi dengan siswa, setiap kita belajar, beri penghargaan dan peran yang sangat penting adalah peranan orang tua sangat utama. banyak orang tua yang mengerjakan tugas anak-anaknya. jadi kita harus memeriksa dengan cara memanggil si anak pada waktu belajar, jadi kita tahu dengan pasti bahwa anak tersebut kerja sendiri.

Bahan pembelajaran mandiri, perintahnya harus jelas, dapat dipahami oleh siswa kita, kemudian kita juga harus meyakinkan memberikan pelajaran yang terbaik. Karakteristik media pembelajaran yang terbaik adalah yang dapat diakses secara stabil sepanjang waktu oleh guru dan siswa. Artinya harus    a da kolaborasi  antara guru. Peran ganda guru sebagai penonton dan sebagai pemain. 

Kalau kita ingin menjadi pengajar yang baik, maka kita harus sistimatik dalam merancang pembelajaran, inovatif, kreatif dalam pembaharuan pembelajaran dan yang terpenting kolaboratif dengan sesama guru, pendesain visual, pendesain web dan pendesain pembelajaran.

Kesimpulannya untuk menjadi pembelajar yang baik gunakan 4 prinsip permasalahan pembelajaran

1. Kurangi ketergantungan siswa terhadap guru, orang tua

2. Berikan  pembelajaran mandiri

3. Fasilitasi siswa

4. Guru harus terus belajar dan menguasai digital tool

Dan yang paling utama adalah buatlah interaksi yang baik.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa