Be a Good Communicator

     Sebagai guru , kita harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik artinya kita bisa menyampaikan pesan dengan baik tanpa gangguan yang bisa merusak informasi yang kita sampaikan kepada para peserta didk.

    Kita harus bisa berkomunikasi secara effektif, artinya kita harus  tau apa yang kita sampaikan, mengapa kita menyampaikan pesan ini, apa yang kita sampikan dan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan informasi.

     Menulis harus tahu mind map nya, kita harus sesuaikan apa yang kita sampaikan dengan audience yang kita hadapi. Hati-hati bahasanya harus hati-hati, jujur, actual dan membangun rasa yang baik. Komunikasi itu bukan hanya satu arah tetapi dua arah, jadi kita harus bisa mengirim dan mendengarkan pesan dengan baik. Komunikasi itu merupqkqn proses yang resiprocal.

    Ketika kita berhadapan dengan orang lain kadang kita kurang percaya diri dan merasa rendah diri serta menjadikn kita salah dalam berkomunikasi. bahsanya kurang cocok, tidak ada kontak mata, mendominasi komunikasi, berbicara terlalu pelan atau terlalu cepat dan berbagai masalah lainnya.

    Masalah yang paling sering terjadi adalah kita suka memberi komen padahal kita tidak mendengar apa yang sedang disampaikan atau kadang kita suka menyalahkan dan merefer pada diri kita sendiri. Kadang ada temen curhat kepada kita dan langsung kita memberi nasihat tanpa mempertimbangkan hal-hal lain. Kadang kita ingin terlihat hebat dengan memuji apa yang disampaikan tanpa kita mendengarkan dengan baik.

    Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, maka kita harus banyak berlatih dengan cara melihat dan melatih berkomunikasi dengan baik. Pada saat orang bicara dengarkan sapai selesai jangan melakukan interupsi. 

    Dalam berkomunikasi dengan lebih efektif  tidak hanya jago bicara tetapi juga harus mendengar, kontak mata yang terlatih dengan baik. Inti komunikasi adakah Clarity atau kejelasan akan apa yang kita sampaikan. Menjadi seorang guru yang terpenting apa yang kita sampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh siswa kita. Jadi kita harus berusaha dekat dengan siswa kita karena keterampilan komunikasi merupakan hal sangat penting. 

    Kemampuan bicara itu perlu latihan dari kecil sehingga bila ada murid yang pintar tetapi lemah dalam komunikasinya  sebagai guru kita harus membantu perbaikan dengan melihat kondisi lingkungannya dan memberikan solusi untuk berlatih mendengar dan berkomunikasi sedikit demi sedikit dan mungkin nanti akan terjadi perbaikan meskipun ini sulit sekali.

    Komunikasi yang baik kuncinya harus banyak berlatih, memberikan pertamyaan terbuka pada siswa sehingga mereka akan menjelaskan. Be a good Communicator !


#ICEI #AISEI #AniSulianti

    

    

Komentar

  1. Terima kasih ilmunya. Isinya mantap. ..

    BalasHapus
  2. Wahhh, saya tidak sempat mengikuti acara onlinenya
    tapi terbantu dengan resume pak Bamslucky
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Mantabs! Langsung diwariskan ilmu yg baru didapat. .
    Keep sharing!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa