Bagaimana menjadi blogger yang baik

    Pembicara kali ini adalah mba Leonny Atmadja. beliau adalah blogger yang luar biasa dan pernah mendapat penghargaan.  Blog dulu sangat aktif, kalau sekarang yang lebih populer mikro blog. Pertama kali saya menulis bukan karena ingin menulis tetapi karena saya diminta untuk menceritakan tentang keluarga, tetapi semua bertanya tentang anak saya, jadi saya tidak memiliki idea dan cuma menampilkan foto dan caption. jadi cuma dua atau tiga kalimat. jadi kalau sedang tidak ada idea tulis aja caption. semakin lama menulis maka semakin banyak pengalaman dan akhirnya kemampuan menulis menjadi lebih baik. Hal yang paling penting adalah menulis setiap hari dibantu dengan menyimpan foto supaya mempermudah kita dalam menulis dan membantu kita mendapatkan ide.

    Foto itu adalah bantuan dalam menulis, kalau pakai wordpress pilihlah background yang berwarna putih supaya mudah dilihat, sebagai blogger sebisa mungkin membuat pembaca nyaman dan betah melihat blog kita. Sebaiknya dalam blog kita gambarnya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. supaya tidak dicuri pakai watermark dan sebaiknya dibiasakan. Akhirnya blog menjadi menyebar dan beredar di ibu-ibu yang ingin tahu tentang masalah yang dialami oleh anak-anak saya. Akhirnya penulisan saya berubah dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda dan lebih menarik, sehingga saya menulis tentang perkembangan anak-anak tanpa pembantu dan saya ceritakan semua dan mendapat atesi yang banyak dan kita bisa berelasi dengan pembaca.

     Dalam menulis kita juga harus membagikan info atau trip dan trik nya sehingga tulisan kita menjadi lebih berguna, misalnya kita menyampaikan teknik atau aplikasi apa yang kita gunakan dalam PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), jadi kita bisa menyampaikan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak dalam bidang pendidikan. Jadikan lah blog kita itu menjadi blog yang positip dan inspiratif, jangan pernah menyampaikan hal-hal yang buruk. Yang perlu kita capai adalah bahwa tulisan di blog kita diminati oleh orang lain yang kita tidak kita kenal.

    Blog kita harus memiliki thema, misalnya sebagai guru kita menceritakan tentang murid kita yang sulit diatur, ap yang bisa kita lakukan untukmenyelamatkan anak tersebut, maka hal ini akan menarik buat pembaca kita. Misalnya ide-ide mengajar yang aktif dan kreatif, apa saja yang kita lakukan sehingga bisa menjadi contoh dan teladan sehingga orang lain bisa meniru dan saling memberi tawaran kepada kita sehingga kita akan berkembang terus dalam menulis nanti lama kelamaan kita akan bisa membuat TEMA BESAR  yang bisa kita bagikan.

    Blogging sebaiknya motivasinya berbagi dan memotivasi orang lain untuk maju dan menulis dengan baik, mengasah tulisan agar tulisan kita lebih berkembang dan menjadi lebih baik, maka kita akan mendapatkan bonus, jadi jadilah diri sendiri dan bisa menulis yang dipercaya.

    Tips membuat blog yang baik:

1. Pakai foto

2.Tulislah seperti kita sedang bercerita, gaya kita seperti kita sedang ngobrol sehingga lebih menarik

3. Buatlah kata-kata kunci yang penulisannya menonjol sehingga  lebih menarik buat pembaca.

4. Buat Plugins (fitur-fitur tambahan yang related dengan blogpost supaya pembaca bisa melihat tulisan kita yang lama dan berkaitan dengan tulisan kita)

5. Hati-hati dengan 'personal data', Hindari pembicaraan negatif tentang orang lain dan kombinasikan dengan video singkat

Video bisa menambah kehebatan tulisan kita

Hal yang terpenting adalah literasi, kita harus sering baca untuk mengasah fikiran kita supaya kita bisa menulis dengan baik dan belajar berfikir kritis





Komentar

  1. Terimakasih pak..jd ada gambaran smlm ngobrolin apa sm aisei😁

    BalasHapus
  2. Mantap pak Bambang sudah berbagi tentang yang didapat dari sesi kemarin... Mungkin sedikit usul, agar bisa lebih jelas bahwa bpk sedang mencertikan apa yg Mba Leonny paparkan, dalam baris kedua bisa ditambahkan seperti: "Dalam sesi kemarin, Mba Leonny menjelaskan..." mnurut saya sperti itu pak.. Smangat pakk..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa