Kegiatan Belajar Kelompok


    Hari ini jum'at 13 Nov 2020 adalah hari yang luarbiasa istimewa bagiku karena di hari yang istimewa ini aku harus mempraktekan belajar bersama dengan 9 orang siswa perwakilan dari XII MIPA 1-7 dan XII IPS 4 dan 5. Seperti bias aku dah sampai di sekolah jam 06.00 dan di sekolah belum ada siapa-siapa. sambil menunggu waktu aku baca buku dan persiapan untuk mengajar. Jam 07.00 baru ada bebrap orang guru yang datang dan yang datng pertama adalah bu Desi Yng rumahnya di Rancah sedang yang rumahnya dekat belum pada datang.

    Belajar bersama ini dimulai dari pukul 07.30 samapai pukul 11.00. jam pelajaran pertama dimulai dengan pelajaran Fisika dan Geografi dan ternyata sampai batas waktu yang telah ditetapkan Ps Dudung tidak hadir bahakan ketika aku telponpun beliau tidak hadir akhirnya untuk pelajaran Fisika gurunya digantikan oleh Bu Desi, meskipun beliau ada tugas lain yaitu daring dengan kelas X dan XI.

    Tepat pukul 08.30 jam pelajaran Bahasa Inggris dimulai, alhamdulillah smua peserta yaitu 9 orang hadir. pelajaran pertama kumulai dengan memberikan pertanyaan tentang keefektifan  SFH (Sudy From HOme) atau pembelajaran jarak jauh. Betapa terkejutnya aku karena dari 9 siswa 8 orang memberikan jawaban TIDAK EFEKTIF alasannya adalah sebagian besar guru  hanya membagikan materi dan suruh dibaca sendiri dan yang sebagian lagi hanya memberikan tugas dan yang lebih menyebalkan lagi tugasnya banyak banget sementara materinya tidak diterangkan. Sedangkan yang satu lagi menyatakan 50% efektif buat mereka yang ada dikota karena fasilitas mereka lengkap daan IT nnya bagus sedangkan 50% lagi tidak efektif buat mereka yang tinggal jauh di kampung karena fasilita IT nya kurang baik.

    Ketika aku tanyakan tentang tugas yang diberikan kepada para siswa, semua memberikan jawaban yang sama dan seragam . Ketika dibeeri tugas maka siswa tidak menjawab sendiri tetapi saling mengharapka jawaban dari yang menguasai, ternyata mereka TIDAK MENJAWAB SENDIRI teetapi mereka pada umumnya bertanya kepada yang bisa sehingga jawaban nya tidak jauh berbeda, ketika saya tanya apakaah jawabannya semua diberikan mereka jawab YA hany diminta kepada mereka untuk merubah sedikit sedikit. Ketika aku tanya apakh semua pelajaran?  mereka semua menjaab YA.

    Akhirnya saya berharap semoga hal ini bisa diketahui oleh para pimpinan agar mereka cepat sadar dan tentunya saya berharap agar PANDEMI VIRUS CORONA cepat berakhir dan pembelaajaran bisa dilakukan dengan TATAP MUKA karena pembelajaranTATAP MUKA sangat efektif atau lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh. Semoga kita bisa cepat belajar dengan pembelajaran Tatap Muka.


#Day10NovAISEIWritingChallenge
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa