ASSESSMENT

 


        Hari ketiga pelatihan bu Lia memulainya dengan memberikan Ice breaker yng membuat semua peserta berjoget dan bergerak riang dn lincah karena ini gerakan tinju tentang Mohamad Ali. setelah ice breaker bu Lia Herawati memberikan materi baru yaitu tentang Assesment. 
        Assessment dibagi dua ada Assessment of learning dan Assessment for Learning.
ASSESSMENT for LEARNING:
 focus pada formative, digunakan untuk memodifikasi proses pembelajaran, merupakan alat untuk mengecek feedback bagi guru maupun peserta didik. digunakan untuk memberi informasi baik pada guru maupun peserta didik. Assessment ini berfokus padapemberian feedback untuk tujuan-tujuan spesifik. Peranan guru  sebagai fasilitator yang tugas nya memonitor juga sebagai administrator sekaligus peneliti sedangkan peranan peserta didik adalah sebagai pembelajr dan pelaku test.

ASSESSMENT of  LEARNING
    Focus padaSummative , digunakan untuk mengukur prestasi dan digunakan untuk memberi informasi pada orang tua,, sekolah, seluruh stake holders , peserta didik dan Guru.. Assessment ini berfokus pada produk. Peranan guru dalam test ini adalah sebagai Penguji, Evaluator , administrator dan sebagai penilai, sedangka peserta didik sebagai peserta test.

  Untuk prakterk penilaian tersebut Bu Lia membagikan dua kertas kecil dan meminta semua peserta untuk menuliskan tentang yang mereka ketahui tentang Assessment, kemudian beliau mengumpulkannya dan menempelkan di dinding serta mebahasnya, setelah itu beliau membagi kami menjadi Lima kelompok dan menugaskan kepada kami untuk menggambarkan tentang Assessment pada Kertas yang telah disediakan dengan waktu yang sangat terbatas setelah itu setiap kelompok menempelkan semua hasil karyany dan diminta untuk menjelaskannya dan Alhaamdulillah kelompok kami yaitu group 5 memeperoleh applaus dan mendapatkan penilaian yang baik bersama dengan group 3.Alhamdulillah kelompok kami mendapat nilai yang baik dan akan mendapat hadiah.
        Sebelum bubar Bu Lia menyampaikan suaatu tugas yang sangat berat yaitu tugas berupa Article dan harus dikumpulkan besok hari, Artcle yang baik akan di terbitkan di Jurnal P4Tk. Syarat article yang dikirimkan adalah harus orisinil, buatan sendiri paling banyak 4-5 halman. Inilah tugas yang betul-betul berat karena kami belum terbiasa menulis dan kelebihan dari pelatihan ini ialah semua peserta harus menghasilkan produk inilah yang terberat, semua peserta harus menghasilkan article sebanyak 4-5 lembar dalam waktu yang sangat singkat yaitu cuma 1 hari. Alhamdulillah akhirnya aku bisa membuat article paling duluan, sedangkan yang lannya gak tidur katrena harus menyelesaikan tuga s artcle.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa