RPP dan TALULAR


        Ternyata dengan diberlakukannya satu orang satu kamar banyak menimbulkan masalah terutama dari ibu-ibu banyak cerita menarik dan ternyata ada yang berpindah kamar supaya bisa bersama dengan teman karena mereka merasa takut untuk tidur dikamar sendiri dan mereka hanya menggunakan kamarnya untuk mandi dan ganti baju aja. Mereka merasa sepi dan takut dikamar sendirian.
        Hari kedua ini aku sudah siap dari subuh dan mulai masuk ke tempat makan jqam 06.00 dan ternyatamasih kosong, sebagai konsekwensi dari COVID 19 maka hotel hanya menyiapkan untuk Breakfast aja , sedang untuk Lunch dan Dinner kita hanya diberi nasi bungkus yang sangat sederhana tanpa buah dan kerupuk, maknya aku berusaha memuaskan dalam sarapan pagi alhamdulillah pada sarapan ini ada milk yang cukup lumayan, setiap breakfast ku ambil 2 gelas susu dan buah-buahan dan alhamdulillah ternyata sepanjang pelatihan badanku cukup segar dan nyaman.
        Di hari kedua ini pertemuan dimulai dengan perkenaln dengan instruktur, alhamdulillah instrukturnya bernama Lia Herawati,beliau memulai dengan meperkenalkan diri dan mendahului namanya dengan menambahkan aadjective didepan namanya beliau menyebutkan LOVABLE Lia Herawati. Setelah beliau memperkenalkan diri, beliau meminta semua peserta untuk memperkenalkan diri dengan menambah adjective didepa namanya, dimulai dengan yang duduk didepan dan selanjutnya terus bergi;ir sampai akhir. Dimulai dari barisan yang pertama yaitu:
                
                1. ATTRACTIVE Acih
                2. NICE Nurlela
                3. WONDERFUL Wawan
                4. DELIGHTFUL Dian
                5. NEAT Nadia
                6. YOUNG Yuyum
                7. KINDLY Kuni
                8. EASYGOING Erlina
                9. ETHUSIASTIC Erna
              10. RESPONSIBLE Rina
              11. RAGING Rahmah
              12. ROMANTIC Rohmah
              13. BRAVE Bambang
              14. RESPONSIVE Ridha
              15. AMAZING Ana
              16. BEAUTIFUL Budi
              17. WARM Wahyuni
              18. RADIANT Rini
              19. ENERGETIC Endang
              20. ASHTONISH Atin Supartini
        Alhambulillah ini cara baru yang saya tahu bagaimana cara berkenalan sambil belajar adjective dan kita bisa lebih mudah mengenal, menghafal dan memungkinkan kita bis bergaul dengan baik,. Setelaah beres perkenalan makaa dilnjutkan dengan pemilihan KM dan semua menunjuk saya karena saya adalah peserta tertua sehingga saya dipilih sebagai KM dan saya memilih Ridha sebagai sekretaris karena beliau ahli IT. Setelah beres perkenalan dan pengurus kelas maka dilanjutkan dengan PRE-TEST. Pre test ini soalnya tidak terlalu banyak tetapi sangat sulit.
        Materi pertama yang dibahas di pelatihan ini adalah tentang RPP. , bagaimana membuat RPP daring dan luring yang sederhana. Di jaman covid 19 ini guru harus bisa lebih fokus mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Jadi guru harus membuat RPP yang efisien, efektif dan berorientasi pada peserta didik.yang dimaksud efisien adalah RPP nya tepat dan tidak menghabiskan waktu an tenaga. sedang efektif berarti penulisan RPP untuk mencapai tujuan dan harus mempertimbangkankesiapan, minat dan kebutuhan belajar peserta didik. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, menggunakan RPP dengan prinsip efisien, efektif dan berientasi pada peserta didik. Tugas utama guru adalah meningkatkan kreativitas peserta didik. Jadi tantangan daaaalam proses pendidikan adalah bagaimana meningkatkan kenikmatan/kenyamanan sssssspeserta didik dalam belajar dan memotivasi peserta didik untuk berfikir kritis.
         Materiyang kedua untuk hari ini adalah TALULAR, mengapa menggunakan TALULAR Teaching And Learning Using Locally Available Resources) karena
- sumber-sumber Talular sangat tersedia di sekolah
- talular menawarkan banyak alternatif
-murid akan teemotivasi
- murid yang termotivasi akan memotivasi gurunya ntuk meningkatkan kompetensinya
PRINSIP-PRINSIP TALULAR ;
- Produktivitas
- Trasnformasi
- Assesment yang berkelanjutan
- Cost effectiveness
- Sustainability
- Sukses

        Karena civid, maka pelaksanaan pelatihan hanya berlangsung sampai jam 16.00 sedangkan waktu malam digunakan untuk menyelesaikan tugas, tugas hari ini adalah buatlah RPP berdasarkanKD yang telah disederhanakan, aku sebagai KM harus membereskan berbagai administrasi dan absen serta perlengkapan ynglainnya. malam hari mengerjakan tugas dan beristirahat


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa