PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)




        Setelah beberapa hari aku tidak menulis, hari ini minggu 6 Desember 2020 adalah hari yang istimewa, karena hari ini aku mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan padahal usiaku sudah 57 tahun dan aku diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan dengan syarat harus bebas dari covid 19 sehingga aku bisa pergi bila aku sudah diperiksa Rapid test dan alhamdulillah setelah di test hasilnya negatve.  
        Hari ini aku berangkat jam 08.00 sendirian dari Ciamis karena hanya satu perwakilan dari Ciamis, sebenarnya ada dua wakil tetapi yang dari Panawangan lebih dekat ke tol Cipali sehingga aku berangkat sendiri dan akan ditemani oleh si kembar di Garut dan kebetulan aku belum tahu dimana akau harus menjemput. Jam 09.30 aku dah tiba di daerah Lewo dan bersiap untuk menjemput ibu EL  aku berhenti didepan SMP Kersamanah sesuai dengan petunjuk beliau dan tidak lama kemudian Bu EL dah tiba sehingga aku ada teman. Kami melanjutkan perjalanan dan tiba di  depan rumah makan Ma Ecot pada pukul 10.30 dan disini adiknya bu EL naik seyelah menunggucukup lama sehingga kami melakukan perjalanan bertiga menuju ke tempat pelatihan. Jam 12.00 kami tiba di rest Area KM.97 aku belok untuk beristirahat dan sekalian melaksanakan Shalat Dzuhur sementara si kembar memanfaatkan waktunya untuk makan karena mereka belum makan. Setelah beres kami langsung menuju Bakasi dan Alhamdulillah jalan tol lancar sehingga kami tiba di Hotel Amaroossa jam 13.30.
        Hal yang cukup mengagetkn bagi aku karena hotelnya bagus dan setiap peserta tinggal dikamar tanpa ditermani olej yang lain, Krena covid setiap peserta disediakan satu kamar tanpa teman. Setelah makan dan beristirahat dan makan malam acara dibuka, tadinya aku berfikir berani benar pemerintah melatih hanya 20 orang teryata  yang dilatih jumlahnya 120 0rang;
1. Bahasa Inggris   20 orang
2. Bahasa jepang    20 orang
3. Bhs. Arab A       20 orang
4. Bhs. Arab B       20 orang
5.B. Indonesia        20 orang
6. Bhs. Mandarin   20 orang
 jadi peserta pelatihan seluruhnya ada 120 orang tetapi tiap kelas hanya ada 20 orang, dan dibuka secar resmi oleh ketua pelaksabna dari P4TK. Adapun pelatihan ini adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Berbasis Peserta Didik Angkatan IV ini merupakan pelatihan angkatan terakhir di tahun 2020 dan alhamdulillah aku bisa mengikutinya.
        Pelatihan ini akan berlangsung dari tnggal 6-11 Desember 2020, dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (P4TK Bahasa) dengan tujuaan agar para peserta memiliki kemampuan dan kompetensi kebahasaan dan literasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan kompetesi peserta didik. Dengan kata lain Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Guru yang meningkat kompetensi kebahasaan dan literasinya serta mampu mengembangkan materi ajar mereka sesuai dengan topik dan kondisi kepada peserta didiknya.
        Setelah selesai pembukaan semua peserta kembali ke rruangan masing-masing, karena aku kelelahan dan kecapekan aku langsung tidur, semoga aku bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa