Puasa Hari Pertama

Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama puasa Ramadhan di tahun 2021 atau tahun 1442  Hijriah. Alhamdulillah bulan puasa ini semuanya bareng dan tidak ada perbedaan, semuanya ikut sesuai dengan pengumuman pemerintah yang diumumkan secara resmi oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemarin menyatakan bahwa ibadah puas ramadhan dimulai esok hari tanggal 13 April 2021. 

    Sebelimnya Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) melalui lembaga Falakiyah PBNU juga telah menetapkan bahwa awal Ramadhan 1442  H. jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

    Hasil perhitungan astronomis (hisab) Lembaga Falakiyah PBNU  menunjukan bahwa ketinggian hilal pada markaz Jakarta sudah mencapai 3 derajat 37 menit 01 detik dengan durasi kemunculannya mencapai 17 menit 11 detik, sedangkan ijtimak atau konjungsi terjadi pada Senin, 12 April 2021  pukul09;29;29 WIB. Artinya tinggi hilal sudah memenuhi kriteria imkanur Rukyah, kemungkinan hilal terlht, yakni sebesar 2 derajat.

    Sementara untuk PP Muhammadyah juga telah mengeluarkan maklumat terkait hasil hisab atau perhitungan awal Ramadhan. Adapun dalam maklumat yang ditndatangani oleh ketua PP Muhammadyah Haedar Nasir dan Sekertaris Agung Danarto menyatakan bahwa awal Ramadhan jatuh pada 13 April 2021.

    Alhamdulillah di sahur pertama ini aku bangun jam 03.00 seperti biasa setelah beristirahat sebental aku langsung melaksanakan shalat tarawiht witir. dan setelah sesesai shlat aku langsung makan sahur pakai rendang dan tauge berjamaah brsama istri dan anaku, setelah itu aku langsung baca Quran dan mandi pagi. 

    ketika aku baru saja selesai baca Quran tiba-tiba pak H. Asep telpon dan memberi tahu bahwa  Suami bu Hj Nene meninggak dunia  pada pukulo1.05 tetapi belum ada pengumuman dan beliau minta aku mengumumkan tetapi karena ini bukan tugasku mka aku sampaikan ke Pa Supyan untuk mengumumkan nya . Aku bertanya gmn rencana kita mauu nengok atau tidak dan beliau menjawab  klo mau nengok dari jauh aja. 

    Di pagi hari pa Kpsek mengumumkan bahwa kit harus melakukan absen lewat Kmob, padahal ini puasa pertama biasanya libur ternyata tidak libur dan harus absebn, padahal aku belumbisa absen di rumah sehingg aku aharus ke sekolah untuk absen dan disekolah ternyta banyak orang yang mau ke bu Nene.. 

    Tadinya aku gak akan ke bu Nene karena aku pikir tidak ada yang kesana tapi ternyata pa supyan sudah ada disana, jadi aku nengok ke sana dan disana ada Kepsek, Kasubag, pa saip, pa supyan, Bu Eulis,, docim, haviz, Imam, Andris dll

    Sepulang dari bu nene aku mampir ke pa Nadio. Alhamdulillah pa Nadio sudah sehat tinggal pemulihan, aku tidak lama disana dan terus pulang, sesampai dirumah aku langsingduha dan baca quran setelah itu istirahat tiduran dan bangun tepat pas azan duhur dilanjutkan dengan shakat dzuhur berjamaah dan baca quran setelah itu nonton tV sampai ashar.

    Setelaj selesai ashar dilanjutkan dengan baca quran dan kegiatan lain sampai magrib dan alhamdulillah hari ini aku baca quran agak banyak semoga dihari kedua dan brikutnya aku bisa konsisten dengan kegiatan baik ku. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)

Ketuhanan Yang Maha Esa